Cara Membuat Martabak Manis Unyil Nikmat dan Simpel

IKLAN

Cara Membuat Martabak Manis Unyil Nikmat dan Simpel – martabak, udah lah siapa yang gak tau iya kan. Mau yang manis ke, mau yang telor ke, itu makanan udah tenar banget. Martabak ini kayaknya buah tangan wajib kalo lagi apel. Jadi kayaknya sia-sia gitu kalo saya harus ngejela sin dulu apa itu martabak. Tapi karena SOP’y udah gitu, jadi saya harus tetap nyeritain dlu martabak itu kaya gimana.

Menurut wikipedia, martabak itu berasal dari bahasa arab dari kata “matbaq” yang artinya terlipat. Martabak sendiri adalah makanan yang berasal dari timur tengah, namun sekarang matabak dapat ditemukan di negara-negara seperti indonesia, malaysia, singapura dan brunai darusalam.

Di indonesia sendiri ada dua jenis martabak. Martabak telor dan martabak manis. Martabak yang dibawa dari arab sebetulnya adalah martabak telur. Sedangkan martabak manis justru lebih menyerupai pan cake.

Nah yang akan kita buat sekarang ini adalah varian dari martabak manis, namanya martabak manis unyil. Kalau ada kata unyil udah kebayang dong yang akan kita buat sekarang ini adalah sesuatu yang bentuknya imut-imut dan lucu. Langsung aja deh kita beranjak ke resepnya.

martabak manis unyil

IKLAN

Resep Martabak Manis Unyil

Bahan-bahan:

  • 250 gr terigu berprotein sedang
  • 50 gr susu bubuk
  • 40 gr gula pasir
  • 30-80 gram gula pasir (tergantung selera).
  • 1 butir telur ayam
  • 20 gr margarin, lelehkan
  • Sedikit beking powder
  • Sedikit ragi instan
  • Sedikit vanili
  • 350 ml air

Bahan pelungkap:

  • Mentega untuk olesan
  • Gula pasir
  • Susu kental manis
  • meses
  • Keju parut
IKLAN

Cara Membuat:

  1. Campurkan terigu, susu bubuk, beking powder, ragi, dan vanili hingga merata, sisihkan.
  2. Campurkan telur dan gula kemudian kocok hingga mengembang. Masukan mentega cair sambil terus dikocok masukan campuran tpung terigu yang telah disiapkan sedikit demi sedikit. Tuangkan air sedikit demi sedikit dan aduk hingga tak ada gumpalan terigu yang tersisa.
  3. Tutup rapat adonan dan diamkan beberapa jam (3 – 4 jam).
  4. Siapkan loyang berdiameter kecil (gunakan loyang yang berpenampang tebal), olesi dengan mentega kemudian panaskan.
  5. Setelah loyang panas, tuangkan adonan. Jangan terlalu penuh karna adonan akan sedikit mengembang.
  6. Apabila telah terlihat gelembung di permukan adonn, taburkan gula diatasnya, tutup adonan dan kecilkan api.
  7. Tunggu beberapa saat, kemudian angkat martabak yang sudah matang dari loyang
  8. Selagi panas, olesi martabak dengan margarin, kemudian beri taburan.
  9. Martabak manis unyil siap dinikmati.
IKLAN

Incoming search terms:

  • cara membuat adonn martabak unyil
Cara Membuat Martabak Manis Unyil Nikmat dan Simpel | Agus Subhan | 4.5