Tips Mudah Cara Menghemat Air di Rumah Anda

Air menjadi salah satu kebutuhan utama manusia sehari-hari, tanpa adanya air sudah pasti akifitas manusia bakal terganggu, mulai dari tidak bisa mandi, tidak bisa masak, tidak bisa minum, dan banyak kasus kekeringan yang menelan banyak korban diluar sana. Nah agar kejadian ini tidak menimpa negara kita atau minimal lingkungan kita, maka dari itu mulai sekarang kita terapkan cara menghemat air di rumah demi kelangsungan hidup anak cucu kita kelak.

Berikut ini, kami memberikan sejumlah cara menghemat air di rumah yang bisa kalian coba, caranya memang sangat mudah kok, cukup memerlukan kebiasaan saja untuk menerapkannya. Baiklah tidak perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak caranya dibawah ini.

Tips Mudah Cara Menghemat Air di Rumah Anda

Kurangi Aktivitas Menyiram

Cara menghemat air di rumah yang pertama bisa kalian coba ialah dengan mengurangi Aktivitas Menyiram, entah itu untuk mencuci kendaraan, menyiram kloset kamar mandi secara berlebihan, atau menyiram tanaman disekitar rumah. Jika biasanya kamu mencuci kendaraan 2 kali seminggu, maka sebainya kamu kurangi menjadi 2 minggu sekali atau minimal seminggu sekali saja.

Jangan Lupa Mematikan

Disetiap rumah percaya deh, pasti ada beberapa anggota keluarga yang suka lupa mematikan keran dikamar mandi, entah alasan lupa atau karena terburu-buru. Sebaiknya hindari hal tersebut karena membuang-buang air sama saja dengan membuat tagihan membengkak.

Mandi Dengan Shower

Loading...

Cara menghemat air di rumah selanjutnya ialah dengan menggunakan Shower. Ternyata mandi dengan menggunakan shower ini hanya menghabiskan sekitar 15-30 liter saja lho. berbeda jika kalian mandi dengan menggunakan gayung atau didalam bathub yang bisa menghabiskan lebih dari 50-100 liter untuk sekali pakai saja. Hindari penggunaan Bathub juga merupakan ide bagus untuk menghemat air.

Gunakan Sedikit Deterjen

Cara menghemat air di rumah yang bisa kalian praktekkan selanjutnya ialah menghindari pemakaian deterjen secara berlebihan pada saat sedang mencuci. Perlu diketahui, jika semakin banyak deterjen yang kamu gunakan, maka kalian juga membutuhkan banyak air untuk membilasnya sampai bersih nanti.

Periksa Saluran Air Secara Rutin juga Perlu

Diluar pemakaian air untuk kebutuhan yang boros, rupanya memeriksa Saluran Air Secara rutin juga menjadi salah satu cara menghemat air di rumah yang wajib kalian terapkan. Pasalnya jika kita terlalu cuek, dan tidak rajin memeriksanya, jika ada kebocoran pada saluran air maka sama saja dengan membuang air secara Cuma-Cuma kan?

Jika kalian sudah merasa curiga karena adanya masalah tandon air selalu cepat habis padahal jarang dipakai, maka ada baiknya anda mulai mencari pipa saluran air untuk memastikan tidak ada saluran yang bocor nantinya.

Membuat lubang biopori

Dan cara menghemat air di rumah terakhir yang bisa kalian lakukan adalah dengan Membuat lubang biopori disekitaran rumah. Hal ini menjadi salah satu cara menghemat air yang brilian, karena kita secara tidak langsung juga ikut melestarikan linkungan.

Cara Membuat lubang biopori ini sangatlah mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Buat lubang dengan diameter 10cm di halaman
  • Isi lubang tersebut dengan menggunakan sampah organik
  • Saat hujan turun, nantinya lubang bakal terisi air.

Air yang masuk kedalam lubang bakal meresap kembali kedalam tanah. Nantinya air tersebut bakal diiikat sebagai sumber air tanah alam sebagai suplai kebutuhan air bersih keluargamu nantinnya.

Nah itu tadi beberapa cara menghemat air di rumah yang bisa kami bagikan untuk kalian semua. Menghemat air merupakan salah satu cara untuk melestarikan lingkungan, jadi lakukan kegiatan positif ini mulai sekarang ya.

Loading...
Tips Mudah Cara Menghemat Air di Rumah Anda | Nie Na | 4.5