Tips Beli Motor Bekas yang Wajib Anda Tahu

Jika saat ini anda berencana untuk beli motor second atau bekas, anda perlu memperhatikan banyak hal untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan atau kecewa dikemudian hari karena motor yang dibeli tidak sesuai dengan harapan. Karena membeli motor bekas bukan perkara yang mudah. Kita tidak akan mengetahui bagaimana pemakaian motor tersebut, apakah dirawat secara betul atau justru sebaliknya perawatannya sangat kurang sehingga beberapa komponen sudah mengalami kerusakan ringan.

Anda juga harus berhati-hati dengan tampilan motor luar. Banyak penjual sepeda motor yang hanya mengunggulkan tampilan body saja. Jika menilik ke bagian mesin atau bagian vital lain seperti kelistrikan sudah sangat parah. Nah supaya tidak tertipu tidak ada salahnya untuk melihat beberapa tips beli motor bekas dibawah ini, silakan disimak ya.

1. Periksa Kelengkapan Surat Kendaraan

Hal pertama yang harus anda tanyakan sebelum membeli motor bekas adalah memastikan bahwa semua surat-suratnya lengkap. Jangan sampai anda tergesa-gesa dan pada akhirnya anda membeli motor sebelah. Artinya hanya ada STNK tapi tak ada BPKB. Ini sebagai antisipasi anda membeli motor hasil curian.

2. Perhatikan Pajak Kendaraan

Apabila anda sudah memastikan semua surat-suratnya lengkap. Anda juga harus menanyakan pajak tahunan apakah sudah dibayar atau belum. Apakah ada tunggakan pajak, kalo ada berapa tahun. Ini nantinya bisa mempengaruhi harga. Karena pajak yang menunggak sampai bertahun-tahun otomatis nantinya anda yang akan membayar selaku pemilik baru kendaraan.

Loading...

3. Ketahui Harga Pasaran Motor

Mengetahui harga pasaran dari motor yang hendak kita beli itu sangatlah penting. Anda bisa memanfaatkan beberapa marketplace seperti misalnya Olx.co.id untuk melihat harga pasaran motor sesuai tahun keluarannya. Apakah harga yang ditawarkan oleh penjual tersebut masuk akal atau sebaliknya sangat jauh dari pasaran alias mahal. Anda bisa nego harga terlebih dulu sampai jadi.

4. Amati Motor Ketika Mesin Hidup

Untuk pengecekan kondisi motor, anda bisa mengamati ketika motor telah dihidupkan mesinnya. Jangan terburu-buru untuk digas. Biarkan motor hidup dalam rpm mesin rendah. Jika dalam rpm rendah mesin sering mati kemudian dihidupkan lagi maka disini sudah ada masalah di mesinnya. Atau ketika mesin dihidupkan anda menemukan bunyi yang mencurigakan. Anda harus detail dalam hal ini.

5. Test Drive Berkendara

Sebelum membeli pastikan terlebih dulu anda sudah mencoba mengendarai motor. Pastikan kondisi motor sudah stabil. Stang kemudi baik-baik saja dan anda cukup nyaman ketika mengendarai. Rasakan juga ketika perpindahan gigi. Jika ada bunyi seperti desiran dipastikan ada masalah pada rantai atau gear yang mesti diganti.

6. Cek Kelistrikan Motor

Pastikan kelistrikan motor berjalan dengan baik seperti misalnya tombol starter, lampu sen, klakson dan lain-lain. Jika ada masalah tertentu anda bisa menanyakan kepada penjual.

7. Cek Nomor Rangka dan Mesin

Jika diperlukan, anda bisa mengecek nomor rangka dan nomor mesin motor. Dikarenakan pengecekan ini dibutuhkan ketika anda bayar pajak 5 tahunan plat nomor, untuk itu anda harus memastikan bahwa mesin motor masih original, belum diganti dan begitu pun dengan rangka motornya.

Nah itulah dia beberapa tips Beli Motor Bekas yang Wajib Anda Tahu. Semoga bermanfaat.

Loading...
Tips Beli Motor Bekas yang Wajib Anda Tahu | Makka El Fatih Setiawan | 4.5