Sekilas Tentang Pembelajaran Tematik Terpadu

Sekilas Tentang Pembelajaran Tematik Terpadu – Saat ini hampir semua sekolah sudah menerapkan pembelajaran tematik terpadu. Pembelajaran tematik terpadu ini merupakan jenis pembelajaran  yang menggunakan tema dari beberapa mata pelajaran dan dikemas dalam satu buku tematik.

Untuk satu tema atau topik ini bisa disampaikan secara bersama-sama meskipun mata pelajaranya berbeda. Oleh sebab itu, para guru akan lebih mudah untuk menyampaikan kepada siswanya dengan satu kali tatap muka.

Pembelajaran tematik terpadu ini juga akan lebih mudah dipahami oleh para siswanya karena materi yang diberikan melalui pengalaman langsung dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, pembelajaran seperti ini juga akan bisa menambah semangat belajar para siswa.

Para siswa mengetahui kunci jawaban tematik juga diperlukan karena dengan itu akan mengerti jika ada yang salah atau benar dengan jawabanya ketika menjawab. Lalu seperti apa sih ciri-ciri pembelajaran tematik terpadu? Nah berikut ciri-cirinya yang bisa Anda ketahui:

Loading...
  1. Ciri pertama yaitu pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
  2. Ciri yang kedua yaitu pembelajaran tematik ini secara tidak langsung akan memberikan pengalaman yang ebrkesan.
  3. Ciri yang ketiga yaitu pemisahan antar beberapa mata pelajaran tidak terlihat karena memang dijadikan satu tema dalam satu pembahasan.
  4. Ciri yang keempat yaitu bersifat luwes
  5. Ciri yang kelima yaitu hasil akhir pembelajaran tematik terpadu ini bisa lebih berkembang sesuai dengan kebutuhan serta minat anak.
  6. Ciri yang keenam yaitu pembelajaran tematik terpadu selalu menyajikan konsep dari beberapa mata pelajaran dalam satu proses belajar mengajar.

Setelah mengetahui tentang ciri-ciri pembelajaran tematik terpadu, kini akan kami bahas mengenai tujuanya karena pembelajaran tematik terpadu memiliki banyak tujuan yang positif. Adapun tujuanya yaitu seperti:

  1. Tujuan pertama yaitu lebih mudah memusatkan perhatian pada satu topik. Hal ini agar para siswa jauh lebih memahami beberapa mata pelajaran yang berbeda yang diberikan oleh guru.
  2. Tujuan yang kedua yaitu para guru bisa menghemat waktu lebih banyak karena mata pelajaran yang disampaikan secara terpadu. Oleh sebab itu para guru bisa menyiapkan mata pelajaran yang akan diberikan dalam 2 hingga 3 kali tatap muka.
  3. Tujuan yang ketiga yaitu para siswa akan jauh lebih ebrgairah untuk belajar karena para siswa bisa berkomunikasi dalam kehidupan nyata .
  4. Tujuan yang keempat yaitu memperlajari pengetahuan yang bermanfaat dan juga mengembangkan kompetensi beberapa mata pelajaran yang berbeda dalam satu tema pembahasan.
  5. Tujuan yang kelima yaitu para siswa diharapkan memiliki pemahaman terhadap materi yang disampaikan lebih berkesan serta mendalam.
  6. Tujuan yang keenam yaitu para siswa akan merasakan banyak manfaat dan juga makna belajar karena materi yang disampaikan dalam konteks yang jelas meskipun pembahasan dengan materi yang berbeda-beda.

Demikian pembahasan Sekilas Tentang Pembelajaran Tematik Terpadu yang bisa Anda tahu. Semoga bermanfaat!

Loading...
Sekilas Tentang Pembelajaran Tematik Terpadu | Nurul Hidayah | 4.5