Resep Cara Membuat Lasagna Panggang Lezat

IKLAN

Resep Cara Membuat Lasagna Panggang Lezat – Lasagna adalah salah satu makanan enak yang berasal dari Italia. Makanan yang dipanggang atau dioven ini cukup famous dan cara bikinnya pun agak sedikit sulit, tapi kalau mau berusaha pasti bias kok. Kulit dari lasagna ini praktis dan instan banget karna mudah dibeli di supermarket.

Selain diisi dengan daging, makanan tradisional ala italia pasta lasagna ini dapat diisi sesuai selera kaka.

Jadi nggak usah risau takut nggak suka atau apa karna disini kita bisa menciptakan cita rasa yang kita sukai. Disini kita hanya akan membahas lasagna panggang aja, kalo lasagna kukus mungkin dilain kesempatan ya. Makanan ini bisa juga ditambahkan kentang itu pun kalo mau, enggak juga nggak apa-apa ya kaka hehe. Sekarang kita intip yuk resep lasangna panggangnya.

lasagna-panggan-italia

Bahan-bahan :

Bahan bumbu resep lasagna panggang

  • Lasagna instan sebanyak 250 gram, cara mengolahnya baca cara penyajian dan resepnya lalu ikuti

Bahan saus daging lasagna :

  • Bawang bombay yang berukuran sedang, 1 butir, dicincang kasar
  • Bawang putih 1 butir, keprek dan cincang sampai halus
  • Wortel berukuran besar sebanyak 1 butir, dicincang kasar
  • Daging giling segar sebanyak 500 gr
  • Buah tomat berukuran besar 5 butir, kupas kulitnya lalu buang bijinya kemudian cincang kasar
  • Pasta tomat sebanyak 170 gr
  • Gula pasir sebanyak 2 sdm
  • Garam sebanyak 2 sdt
  • Kaldu ayam atau sapi instan sebanyak 1 sdt
  • Merica bubuk sebanyak ½ sdt
  • Oregano bubuk sebanyak 1 sdt
  • Minyak sebanyak 3 sdm untuk menumis
  • Air sebanyak 300ml

Cara membuat :

IKLAN
  • Pertama-tama siapkan wajan untuk menumis. Lalu tuangkan minyak, kemudian tumislah bawang putih dan bawang Bombay sampai wangi lalu masukkan wortel.
  • Kemudian masukkan daging giling, aduklah hingga warna dagingnya berubah. Lalu tambahkan tomat cincang, saus tomat serta pasta tomat aduk sampai merata.
  • Masukkan garam, gula, kaldu ayam/ sapi, merica bubuk dan oregano bubuk. Tuangkan air dan masaklah di api yang kecil kurang lebih 20 menit.

Bahan saus keju resep lasagna panggang :

  • Mentega sebanyak 3 sdm
  • Tepung terigu sebanyak 3 sdm
  • Susu cair sebanyak 1000 ml
  • Merica bubuk sebanyak ½ sdt
  • Garam sebanyak ½ sdt
  • Pala bubuk sebanyak ½ sdt
  • Keju cheddar sebanyak 250 gr, diparut

Cara membuat :

  1. Pertama-tama panaskan wajan lalu masukkan mentega biarkan sampai meleleh. Kemudian masukkan tepung terigu dan aduk hingga merata
  2. Lalu tuangkan susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk sampai rata dan tidak bergerindil-gerindil.
  3. Masukkanlah pala bubuk, merica bubuk, dan garam aduk sampai rata
  4. Masukkan keju yang sudah diparut, masak diatas api yang kecil dan aduk sampai rata.

Toping lasagna panggang :

Mozarela sebanyak 250 gr, parut secara kasar

Langkah-langkah membuat lasagna panggang:

  1. Langkah pertama letakkan saus daging dan simpan lasagna diatasnya, lalu siram lagi dengan saus daging dan kemudian timpa diatasnya saus keju.
  2. Lalu letakkan lagi lasagna, siram dengan saus daging lalu timpa lagi dengan saus keju.
  3. Lakukan lagi dan lagi sampai habis, dengan lapisan akhirnya saus keju kemudian beri toping taburan keju mozarela.
  4. Lalu panggang hingga matang kurang lebih 30 menit di oven dengan suhu 180 derajat celcius.

Bahan-bahan masakan italia lasagna panggang ini memang sedikit agak mahal, tapi setelah matang semua modal dan kerja keras kita akan terbayarkan, percaya deh makanan ini enak, gurih, dan yg jelas sehat dan insya allah halal semoga bermanfaat yaa kaka. Selamat mencoba.

IKLAN

Terima kasih.

IKLAN
Resep Cara Membuat Lasagna Panggang Lezat | Syarifah Dewi | 4.5