Cara Sederhana Hemat Energi Bisa Dimulai Dari Hal Kecil Berikut

Kebiasaan sehari-hari Anda bisa menghabiskan banyak energi, dan itu membuat Anda kehilangan uang dan merusak lingkungan. Orang-orang mengkonsumsi energi sebagian besar untuk perangkat listrik dan penerangan, transportasi dan pemanasan atau pendinginan. Kiat-kiat sederhana berikut akan membantu mengurangi konsumsi energi Anda secara menyeluruh dan membuat perubahan nyata pada dompet Anda dan planet ini.

Jangan Menggunakan Bila Tidak Mendesak

Sistem pemanas dan pendingin dapat membuang energi secara nyata. Kebanyakan orang berpikir lampu mengambil banyak konsumsi energi di rumah. Faktanya, pemanas air dan ruang menyumbang hampir 63 persen dari penggunaan energi rumah biasa, sementara pencahayaan hanya menyumbang 6 persen. Untungnya, ada beberapa cara cepat untuk mengurangi tagihan pemanas. Turunkan termostat pada tungku dan kenakan sweter agar tetap hangat. Pasang termostat yang dapat diprogram untuk mengurangi penggunaan energi saat Anda pergi bekerja dan tidur di malam hari. Kecilkan suhu pemanas air Anda beberapa derajat.

Loading...

Matikan Sesudah Menggunakan

Peralatan tidak dapat menarik daya jika dimatikan. Lebih baik lagi, cabut apa pun yang tidak Anda butuhkan. Pilih peralatan yang disetujui EnergyStar bila memungkinkan. Lemari es hemat listrik keluaran terbaru dapat Anda lihat pada portal https://www.panasonic.com/id/consumer/kitchen-appliances/refrigerators/2-door-series/nr-bb211q.html. Gunakan transportasi umum jika memungkinkan, dan sebagai bonus tambahan, Anda tidak perlu khawatir tentang parkir.

Pertimbangkan untuk membeli

Pikirkan sebelum membeli gadget listrik baru itu – apakah Anda memerlukannya atau hanya akan mengacaukan rumah Anda? Setiap gadget listrik baru memerlukan energi dalam beberapa cara: energi untuk memproduksinya dan mengangkutnya ke konsumen, energi untuk mengoperasikannya, dan energi untuk mendaur ulang atau membuangnya.

Sederhanakan Hidup Anda

Kategorikan tugas Anda berdasarkan lokasi, dan gabungkan beberapa menjadi satu perjalanan untuk menghemat bahan bakar dan waktu. Jika Anda harus mengambil dry cleaning, mampir di apotek sebelah untuk pasta gigi dan obat flu, misalnya. Beli barang belanjaan satu minggu sekaligus alih-alih mengemudi ke supermarket setiap hari. Akhirnya, semua ini akan menjadi kebiasaan, dan biaya energi Anda akan turun.

Loading...
Cara Sederhana Hemat Energi Bisa Dimulai Dari Hal Kecil Berikut | Makka El Fatih Setiawan | 4.5