Cara Merawat Batik Yang Benar Supaya Awet

Kain batik merupakan salah satu kain tradisional yang berasal dari indonesia, tidak heran jika kain ini menjadi salah satu kain favorit yang banyak dikenakan untuk semua aktivitas baik formal maupun santai. Batik sendiri memiliki banyak sekali beragam corak motif serta warna yang cantik sehingga membuat pemakaian pemakainya terlihat lebih cantik dan menarik sehingga tidak heran siapa saja ingin memiliki kain khas indonesia ini.

Dibalik keindahannya, ternyata batik juga memiliki keunikan tersendiri ketika akan dirawat. Seperti yang kita tahu bahwa mayoritas batik ditulis atau di dicetak menggunakan kain dengan teknik pewarnaan yang sederhana, sehingga jika perawatan batik diabaikan akan membuat warna batik cepat luntur atau pudar. Kali ini kami akan memberikan tips bagaimana Cara merawat batik yang benar supaya awet simak informasinya.

  1. Gunakan sabun khusus

Sebaiknya mencuci batik menggunakan tangan, sangat tidak disarankan mencuci batik menggunakan mesin cuci karena bisa merusak serat kain pada batik dan membuat pigmen warna pada batik juga lebih cepat memudar.

  1. Hindari menjemur di bawah sinar matahari langsung

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk membuat warna batik tetap cerah dan terang yaitu dengan menjemurnya ditempat yang teduh sehingga tidak terkena sinar matahari langsung. Apabila sinar matahari langsung mengenai batik warna batik akan cepat pudar dan kain batik lebih cepat untuk berubah warna.

Loading...
  1. Menggunakan sabun yang lembut

Batik yang memang pewarnaannya masih tradisional dengan pigmentasi warna yang yang tidak terlalu banyak menggunakan bahan kimia sehingga diperlukan sabun dengan konsentrasi lembut untuk bisa mempertahankan warna batik. Selain menggunakan sabun khusus untuk mencuci batik, anda juga bisa menggunakan sampo karena sampo memiliki kandungan deterjen yang lebih sedikit sehingga lebih aman untuk kain batik favorit anda. Caranya sangat mudah yaitu sediakan wadah atau ember yang berisi air kemudian larutan sampo secukupnya, aduk-aduk sebentar kemudian masukkan kain batik anda dan rendam beberapa menit kemudian gosok gosok perlahan. Bilas kain batik dengan bersih hingga tidak ada lagi sisa residu sampo yang menempel.

  1. Tidak menggunakan pewangi

Kain batik akan lebih awet jika anda tidak menggunakan pewangi pakaian ketika mencuci nya. Apalagi jika batik yang anda miliki berbahan sutra ataupun berbahan viscos yang permukaannya lebih licin dan lembut. Selain pewangi pakaian anda juga perlu menghindari penggunaan parfum yang disemprotkan langsung pada kain batik anda. Hal itu untuk menjaga keawetan dari kain batik tersebut sehingga lebih lama untuk bisa anda pakai.

5. Cara melipat dan menyimpan batik

Jika anda memiliki batik-batik yang tidak dipakai sering dalam hal ini hanya digunakan pada momen atau kegiatan tertentu saja, anda sebaiknya memperhatikan juga cara melipat dan menyimpan batik anda tersebut. Anda bisa membalik baju atau kain batik tersebut sehingga bagian dalam berada diluar, hal ini untuk mencegah warna batik menjadi pudar titik selain itu anda juga bisa melipat batik dengan rapi dan membungkusnya atau melapisi kain serta pakaian tersebut dengan menggunakan plastik. Akan lebih baik jika anda memiliki plastik roll laundry sehingga pakaian batik anda tersebut tidak mudah terkontaminasi atau ditempeli debu-debu.

Itulah beberapa tips atau cara yang bisa anda gunakan untuk membuat kain batik anda tetap awet dan tidak mudah pudar warnanya. Semoga informasinya bermanfaat bukan sampai jumpa di informasi selanjutnya.

Loading...
Cara Merawat Batik Yang Benar Supaya Awet | Syella | 4.5